Andaikan 1



ANDAIKAN 1

ini cerbung, udah lama banget gue buat. Udah sampe end. zaman-zaman Ify baru ciptain lagu andaikan itu lho, yang dulu dikenal dengan belahan jiwa. Berhubung, modem nggak kooperatif banget ya gue nggak post. Sekaarang, modem lumyan baik. jadi gue post dulu part 1-nya.

Ini cerbung jadul banget. Kalo masalah isi pasti aneh.basi lagi. 

Kalo ada yang mau baca, Happy reading aja ya!

Haruskah melihat dan bertemu dengannya lagi ???

          “Ify………..” teriak Via sohibku. Cewek chubby, ceria, dan super baik itu memanggil namaku.  Aku yang tengah asyik berkutat dengan novel kaget dan lantas menoleh mencari Via agar dia berhenti berteriak. Aku pun memperbaiki letak kaca mata minusku yang udah mulai menganggu itu. Via, ku lihat di sedang berjalan menuju tempat ku duduk. Langkahnya tergesa-gesa dan ku pikir pasti dia membawa berita baru, paling nggak tentang di mana kelas yang akan aku dan Via tempatin.
          “Kenapa, Via?” tanyaku pada Via yang udah duduk di sebelahku dengan nafas ngos-ngosan.
          “Gue sama lo sekelas. Kita di X-1.” Jawab Via dengan wajah sumringah.
          Aku membulatkan mulutku membentuk huruf “o”. “Terus Agni dan Shilla di mana?” tanyaku pada Via. Shilla dan Agni adalah sahabat aku dan Via dari SMP. Sementara aku dan Via udah sahabatan dari SD.
          “Mereka di X-4. Kita pisah.” Jawab Via sekenannya. Aku hanya mengagguk kecil dan kembali fokus ke novel yang sempat tertunda.
          “Ya ampun Ify……..” seru Via tiba-tiba. Aku kaget minta ampun. Lalu Via berbisik kepadaku. “Rio sekolah di sini juga, dia di X-2.”
          Aku kaget pake banget. Kaget banget. Sumpah, kok bisa dia sekolah di sini ?? Padahal setahuku Rio nggak berminat sekolah di SMA Global Nusantara ini. Usaha aku sia-sia. Padahal niatku udah bulat untuk ngelupain Rio. Bukannya aku dan Rio pernah pacaran, hanya saja aku memendam rasa pada sosok itu. Sosok tampan, hitam manis dan tegap itu. Namun, aku cukup sadar diri dengan diriku. Di sekolah lamaku, Rio termasuk the most wanted boy selain ketiga sohibnya. Begitu banyak yang menyukai Rio. Yang menyukai Rio itu cewek-cewek cantik dan highclass, lah aku?? Cuma cewek biasa dan tergolong cewek ‘kampung’ gitu (*just story, maaf IFC. Gue IFC juga J) Kampung di sini menurut para cewek highclass itu, cewek yang nggak gaul, nggak up date fashion, dan masih jaman rambut dikuncir ekor kuda ataupun di kepang dua. Itu semua kan yang ada di diri aku. Yaaaaa,,,,,,, walaupun Via, Agni dan Shilla mati-matian bilang kalo aku itu manis dan cantik. Emang gula ?? Nah, udah jelaskan kenapa aku lebih milih ngehapus rasa ke Rio itu. Padahal aku yakin banget, kalo rasa yang aku punya itu beda dengan rasa yang dimiliki cewek-cewek highclass itu.
          “Ify…..Ify…Fy……” seru Via di depan wajahku. Aku kaget. “Apaan sih, Vi.” Ujarku kesal.
          “Lo sih, Fy. Ngelamun mulu mentang tahu pangeran lo sekolah di sini juga.” balas Via menggodaku. Aku Cuma mencibir. Via terbahak.
          “Tau ah, cari Shilla sama Agni yuk.” Ajakku. Via mengagguk dan kita berdua meninggalkan bangku yang didudukin tadi.

Rasa itu bukannya hilang, namun semakin utuh.

          Yap sekarang udah lebih sebulan aku menjadi murid SMA. Hari-hariku biasa aja, tapi berbeda dengan dua orang sahabatku, Shilla dan Via. Mereka berdua udah jadian sama Iel dan Alvin. Shilla sama Iel dan Via dengan Alvin. Sementara aku dan Agni masuk dalam katagori JOMBLO. Aku nggak ambil pusing sama predikat jomblo itu.
          Sekarang sedang waktu istirahat. Aku ditarik sama Via ke kantin, padahal aku males banget yang namanya ke kantin. Ogah banget. Namun, Via maksa banget apalagi dia mengancam, kalo aku nggak ikut maka Agni turun tangan buat narik aku ke kantin. Jadi mau tidak mau aku harus ikut ke kantin.
@Kantin
          Aku dan Via memasuki kantin yang memang udah rame banget. Aku mengedarkan pandanganku untuk mencari di mana Agni dan Shilla duduk. Pandangan mataku jatuh di meja pojok kanan kantin. Ya di sana Shilla dan Agni sudah duduk. Agni melihat aku dan Via, dia pun melambaikan tangannya. Lantas, aku mulai melangkahkan kaki menuju meja itu, namun Via lagi-lagi menarikku. huhf….
          “Ify..” panggil Shilla dan Agni bareng. Aku tersenyum dan mengambil tempat duduk di depan Agni sementara Via di sebelah aku.
          “Gue nggak gitu ??” protes Via.
          “Nggak.” Balas Shilla dan Agni kompak. Via manyun. Kita bertiga ketawa bareng hmm… ini yang aku paling suka, walaupun aku pendiem dan nggak punya banyak temen soalnya kebanyakan siswi SMA GN ini temenannya dilihat dari penampilan doang. Padahalkan , cover is not the content. Ya kan ?? Tapi, aku mempunyai sahabat baik. Via, Shilla dan Agni. They are a gift from God to Me.
          “Udah deh, Vi. Lo jelek kalo manyun gitu.” Ucapku di sela tawa.
          “Bener tuh, ntar Koko Apin lo kabur.” Sambung Shilla. Lagi-lagi kita ketawa, Via makin manyun.
          “Udah deh, kalian mau pesen apa?” tanya Agni.
          “Gue bakso sama Pop Ice Chocolate.” Jawab Via.
          “Bakso sama orange juice.” Ujar Shilla.
          “Gue Pop Ice aja deh.” ujarku.
          “Lo harus makan, Fy. Pokoknya harus.” Balas Agni.
          “Tapi gue kenyang, Ag.”
          “Ify lo itu pasti belum makan, datang aja lo tadi hampir telat. Gue ngelihat lo lari-lari ke kelas lo.” Ujar Agni telak. Aku menelan ludah, memang aku tadi telat. Tapi bener aku nggak nafsu buat makan sesuatu.
          “Ify pesenin bakso juga, Ag. Pasti dia makan kok.” Kata Via dan menatapku. Aku pun mengagguk. Akhirnya Agni tersenyum dan segera memesan makanan.
          Tak lama kemudian, Agni datang membawa pesanan aku dan kedua temanku. Aku tergoda banget dengan segelas pop ice dingin dengan embun yang memenuhi bagian luar gelasnya. Agni juga menyodorkan bakso yang dia pesan buat aku. Aku berani taruhan kalo itu bakso sangat menggiurkan selera, tapi bagi aku nggak sama sekali. Bakso panas yang mengepul dan harum semerbak dari berbagai rempah-rempah yang menambah kenikmatan itu bakso, tidak mampu membuatku selera. Ya jadi, aku diemin aja.
          “Eh Vi, lo sama Alvin gimana tuh ??” tanya Agni santai dan menikmati baksonya. Via keselek.
          “Biasa aja kali, Vi.” Ujar Agni dan menyodorkan minum.
          “Lo sih, Ag. Kenapa pula nanya-nanya Alvin.” Gerutu Via. Aku dan Shilla cekikikan.
          “Hehehe….gue kan pingin tahu, apa lo sama Alvin udah dapat ujian cinta yang pertama.” Balas Agni sambil terkekeh kecil. Aku, Via, dan Shilla ternganga dengan jawaban Agni.
          “HAH??!!”
          “Kenapa lo bertiga ??” tanya Agni bingung.
          “Maksud lo ujian cinta yang pertama apa?” tanya Shilla yang udah sadar dari lamunannya.
          “Iya, apaan sih Ag?” Via menimpali. Aku Cuma diem.
          “Gini lo, apa Lo sama Alvin pernah berantem gitu ?? Atau Alvin sama cewek lain gitu.” Jawab Agni polos dan langsung dapat pelototan Via dan Shilla.
          “Ih lo, Ag. Do’ain ya ??” ujar Via kesal dan tetap melahap baksonya. Lha?? Masih sempet aja Via makan sambil marah-marah.
          “Nggak sih, kan Cuma nanya.” Balas Agni dan fokus dengan baksonya.
          “Awas aja ya lu, Ag. Gue do’ain deh lo ntar dapat ujian cinta yang pertama.” Ujar Shilla keki. Aku bingung kok Shilla ikutan marah gitu.
          “Via yang dikatain kok yang keki Shilla. Emang kenapa ??” tanya gue pelan dan menatap Shilla bingung.
          “IFFFFYYYY sayong, gue itu juga punya pacar tahu. Ntar doa-nya Agni bisa kena ke gue.” Jawab Shilla gemes. Gue cengengesan, iya ya Shilla kan juga udah pacaran sama si Gabriel itu.
          “Iya itu, doain si Agni.” Sambung Via.
          “Gue kan kagak pacaran toh, jadi nggak kena deh.” balas Agni santai.
          “Bukan kagak, tapi bentar lagi. Kan ada si Cakka yang naksir lo Ag.” Timpal Via. Nama Cakka sukses buat Agni diem. Ya iyalah, Cakka mah musuh Agni. Orang yang sangat mudah bikin Agni kesal hanya dengan denger namanya.
          “Nggak usah nyebut nama si Cakdut, bisa sial mendadak gue.” Rutuk Agni. Aku dan ketiga temanku ngakak bareng.
          Ternyata belum lama di sebut, orangnya udah nongol duluan. “Hai….hai….Agni manis.” Sapa seseorang. Ku lihat Agni mengangkat wajahnya dan melihat orang yang menyapanya. Mata Agni membulat dan tercengang.
          “Ya ampun, benerkan udah gue bilang. Jangan nyebut nama dia.” Ujar Agni kesal. Ternyata Cakka nggak datang sendiri, seperti dugaanku. Cakka biasanya bersama ketiga sahabatnya, siapa lagi kalo bukan Rio, Alvin dan Gabriel. Aku mendongakan kepalaku, ternyata dugaanku melenceng sedikit. Mereka Cuma bertiga, Rio nggak ada. Ini kesempatan aku buat kabur sebelum ketemu Rio. Bisa salting dan bingung sendiri ntar kalo ada Rio. Ku lihat juga Alvin udah di sebelah Via dan Iel disebelah Shilla. Mereka sibuk pacaran. Cape deh. sementara Cakka duduk di samping Agni dan sibuk ngegombalin Agni yang diam dan gondok setengah mampus. Aku tersenyum kecil melihat mereka.
          Maksud hati untuk pindah, aku mengangkat mangkuk baksoku dan berbalik badan. Belum sempat melangkah, aku sudah membuat kekacauan. Aku menumpahkan bakso itu ke badan seseorang dan yang parahnya aku numpahin bakso ke RIO. R-I-O. Ya ampun, aku takut sendiri.
          “Maaf.” Ujarku lirih. Sumpah aku takut banget. Aku tahu Rio, dia bukan termasuk cowok yang ramah kalo udah berurusan sama cewek. Apalagi cewek seperti ku.
          Tidak ada balasan dari Rio. Aku menarik mangkuk bakso ku dan hanya menunduk dan memperhatikan baju Rio yang kena kuah bakso. Aku menelan air ludah, ternyata lumayan banyak kuah yang kena baju Rio.
          “Maaf, Rio. Gue nggak sengaja. Bener.” Ujarku lagi. Aku memberanikan diri untuk melihat Rio. Ku angkat wajahku dan melihat wajah Rio. Rio menatapku tajam dan marah.
          “Elo..nggak lihat apa kalo gue jalan ke sini. Kacamata lo kurang gede gitu untuk ngelihat ??” bentak Rio marah. Aku kaget dan diam. Suara marah Rio ternyata mengundang perhatian orang-orang dan ketiga sohibku juga sohib dia.
          “Maaf.” Ujarku lagi.
          “Lo Cuma bisa bilang maaf. Apa maaf lo bisa ngebersihin baju gue. Nggak kan ?? Apa elo memang rencanain biar bisa ngomong sama gue gitu ?? Kampungan banget cara lo. Sama kayak lo kampungan.” Bentak Rio.
          Sebelumnya aku mau kasih info sedikit kenapa Rio bilang gitu ke aku. Rio itu salah satu the most wanted di GN. Dia bersama ketiga sohibnya tergabung dalam geng yang disebut CRAG. Singkatan dari nama mereka berempat, Cakka-Rio-Alvin-Gabriel. Banyak cewek yang suka sama Rio dan cari perhatian Rio dengan hal-hal konyol dan Rio berpikir kalau aku juga sama dengan mereka, padahal nggak.
           Aku kaget banget dan sakit hati. Nggak nyangka Rio ngomong gitu, padahal sumpah aku nggak sengaja. Kenapa sih aku bisa jatuh cinta sama dia ??
          Aku menatap Rio kaget. Mataku melebar dan mengerjab. Menatap Rio dengan tatapan kosong dan penuh tanya. ‘apakah aku sehina itu’.
          “Gue minta maaf, gue emang salah.” Ujarku lagi. Aku balik badan dan menatap ketiga sohibku. “Gue duluan ya, Vi, Ag, Shill.” Pamitku dan berjalan cepat menuju konter bakso. Membayar dan mengembalikan mangkuk bakso itu dan segera berjalan dengan cepat, hampir berlari. Tidak perduli dengan orang-orang yang menatapku sinis dan iba. Air mata udah sampai di pelupuk mataku. Aku udah nggak tahan lagi buat nangis.

@Taman Belakang
          Aku duduk di bawah pohon akasia dengan sebuah buku. Itu bukan buku pelajaran ataupun buku diary. Hanya sebuah buku kecil dengan gambar-gambar yang lucu dan yang biasa aku gunakan untuk menulis tentang mood atau perasaanku. Aku menulis di buku itu dengan air mata yang membasahi pipiku.
          Kenapa aku bisa cinta sama dia ?? Kalo aku jatuh cinta sama dia salah gitu ?? Aku sadar diri kok, aku emang nggak pantes dekat sama dia apalagi menjadi kekasihnya. Tapi apa salah, kalo aku punya rasa special itu kepada dia ?? Aku benci rasa itu.. benci….
           Kenapa sih Rio bilang aku sampai segitunya ?? Aku nggak sehina itu kali, io. Aku nggak mungkin buat rencana kayak gitu. Nggak akan pernah. Aku memang menyukaimu dan pingin ngobrol sama kamu, tapi aku rela menunggu sang Waktu memberikan aku kesempatan untuk dekat dengan mu. Kalo aku nggak sabar, dari dulu aku udah rencanain hal-hal konyol dan kampungan seperti yang kamu pikirkan.
          Kamu tahu, io ?? Pasti nggak kan, kalo aku udah suka sama kamu dari kelas 8 SMP. Sekarang kita udah 1 SMA, udah dua tahun io aku nyimpen rasa itu. Dan aku nggak akan mengotori perasaan itu dengan hal-hal yang konyol.
          Hati aku sakit banget, kamu bilang aku kayak gitu. Sakit, io. Sakit banget. Gue pingin punya rasa benci sama kamu.  Aku pingin banget, aku rela ngeganti rasa cinta aku dengan benci. Aku pingin banget ngebenci kamu. Tapi aku nggak bisa, io. Hati aku sakit ketika kamu bilang aku kayak gitu. Tapi, cinta itu Io. Rasa itu semakin utuh. Aku nggak ngerti gimana cara kerja cinta. Nggak ngerti, Io. Biasanya kalo aku benci sama seseorang, rasa benci itu langsung bisa hadir tapi, kalo kamu yang ingin aku benci. Seakan-akan benci itu nggak mau mampir ke hati ku. Malah rasa itu semakin utuh.
          Aku menutup buku itu dan meletakkan pena yang telah aku gunakan untuk menulis. Air mata itu belum juga berhenti dan aku tidak mengharapkannya untuk berhenti sekarang. Biarlah sakit hati itu dihapuskan dengan air mata, kali aja bisa menumbuhkan rasa benci aku untuk Rio.

Kamu telah memilih yang lain ?? Apakah hati aku berhak menangis ??

          Sejak kejadian aku numpahin bakso ke Rio hingga hari ini. Berarti tepat sudah setengah semester aku jadi siswi SMA. Sekarang udah memasuki semester ke dua. Semester kemarin berhasil aku lalui dengan hasil yang memuaskan. Aku mendapat juara umum I di sekolahku. Seneng banget rasanya. Via, dapat juara 5 di kelas. Sementara Shilla dan Agni, juara 8 dan 4 di kelas mereka. Aku mendapat kabar kalo Rio juara 3 di kelasnya.
          Hari ini aku melangkahkan kaki ku dengan hati riang menuju kelas X-1. Aku tak sabar menantikan pelajaran favoriteku. Matematika. Aku segera menuju kelas yang letakknya lumayan jauh dari gerbang itu. Sepanjang koridor yang aku lewati ternyata banyak orang yang ngegosip. Aku biasanya cuek gitu sama gosip-gosip. Tapi mendengar nama Rio yang disebut-sebut aku jadi penasaran dan memasang telingaku.
          “Lo tahu nggak kalo Rio. Mario Stevano jadian sama Dea anak X-7.”
          “Masa? Bo’ong lo.”
          “Bener tahu, liat aja tweet-nya Dea atau nggak facebook mereka.”
          “Huaahhhhhhhhhhhaaaaa……..patah ati gue.”
          Aku kaget. Rio pacaran sama Dea. Kata-kata itu teriang-iang di kepalaku hingga aku sampai di kelas. Aku duduk di bangkuku yang berada di barisan nomor dua dari kiri. “Rio sama Dea?? Dea X-7, anak yang super cantik dan gaul itu ?? Anak cheer. Ya Allah. Sakit banget rasanya.” Batinku. “Tapi apa bener ??” tanya ku pada diri sendiri.
          “Pagi ify.” Sapa Via yang baru saja datang.
          “Pagi, Vi. Tumben siang?” tanyaku basa-basi sambil melihat jam yang kini udah menunjukkan pukul 7.14. Satu menit lagi bel berbunyi.
          Teeeeeng….teeeeeennng….
          Benerkan bel udah berbunyi. Aku segera menyiapkan buku matematika. Bu Winda, guru matematika sudah datang dan aku mencoba fokus ke materi yang disampaikan beliau. Namun percuma, karena pikiranku udah tersita dengan berita Rio dan Dea pacaran.
          Tak terasa bel istirahat berbunyi. Kali ini aku tak keberatan diajak Via ke kantin dengan suka rela aku ikut.

@Kantin
          Sekarang aku udah di kantin bersama Via, Agni dan Shilla. Juga ada Alvin, Cakka dan Iel. Kita bertujuh lagi makan bareng sambil ngobrol-ngobrol gitu. Walaupun aku nggak nimbrung secara aktif dalam obrolan mereka. Lagi asyik-asyik mengobrol, tiba-tiba suara itu muncul. Aku kenal. Itu suara Rio.
          “Gue boleh gabung nggak ?” tanya Rio. Ketiga sohibku dan sohibnya mengagguk. Rio duduk di depanku. Lalu kami lanjut mengobrol. Namun tak berapa lama, datang seseorang.
          “Say, aku gabung ya!” pinta seorang cewek dengan suara manja. Aku menoleh ke suara itu dan ternyata itu Dea. Lalu aku menatap Rio dan Dea. Dan yang membuat aku kecewa ternyata Say adalah panggilan Dea untuk Rio dan ternyata gosip itu benar. Rio dan Dea ternyata benar pacaran.
          “Gabung aja lagi.” balas Rio. Dea tersenyum manja dan duduk di sebelah Rio. Ketiga sohibku menatap aku, aku hanya menggeleng seolah-olah bilang ‘aku nggak apa-apa’. Namun itu bohong, hati aku hancur. Bener sangat hancur. Rio telah memilih yang lain. Sebenarnya aku nggak perlu sekaget ini, seharusnya aku sudah mempersiapkan diri untuk menerima ini. Seharusnya aku sudah bilang sama hati aku, kalo Rio nggak akan pernah jadi milik aku. Nggak akan pernah. Seharusnya aku…aku nggak pernah mencintai Rio. Aku sakit, sumpah sangat sakit.
          Aku ingin menangis dan hanya saja nggak mungkin. Pasti akan menimbulkan banyak pertanyaan. Ku lihat ketiga sohibku menatapku, seolah mencari seseuatu yang dapat menggambarkan kondisi hatiku saat ini.
          Aku bertahan untuk duduk di kantin. Aku bertahan mendengar kemesraan Rio dan Dea. Aku bertahan menjadi saksi mata kemesraan mereka.
          “Parah lo, yo. Pacar  lo datang, sohib lo kacangin.” Decak Iel.
          “Ya iyalah, Yel. Dunia serasa milik berdua, yang lain ngontrak.” Sambung Cakka dan ngegoda Rio.
          “Bukannya lo memang ngontrak, kka?” balas Rio.
          “Nenek lo hansip, yo. Seorang Cakka ngontrak, nggak lagi. apa kata ayang Agni kalo abang Cakka ngontrak.” Balas Cakka dan melirik Agni.
          “Pala lo peyang, yang-yang. Kata gue, elo udah ngontrak dari orok.” Ujar Agni. Yang lain tertawa. Aku juga ikut tertawa dan sekilas melihat tawa Rio.
          “Bolehkah waktu berhenti??” batinku. Baru saja aku sedikit terhibur melihat tawa Rio. Seakan-akan waktu nggak rela aku bahagia, dia udah mengskak aku dengan kenyataan pahit dan membuat aku ingin menangis lagi. Rio milik Dea.
          Akhrinya bel masuk berbunyi. Aku bersyukur banget. Via segera menarik tanganku, namun aku pamit dulu dengan Agni dan Shilla. Tapi, pamit itu ternyata menoreh luka bagiku. Bukan gara-gara Agni dan Shilla, tapi karena Dea dan Rio lagi pelukan.
          Agni dan Shilla menatapku prihatin. Aku tersenyum dan segera balik badan mengikuti Via yang menarikku dengan cepat menuju kelas.

@Kelas X-1
          “Fy, yang sabar ya!” ujar Via ketika aku dan Dia udah tiba di kelas dan duduk manis di bangku.
          “Tenang aja kok, Vi. Aku nggak apa-apa kali.” Balasku dan tersenyum.
          “Jangan majang senyum palsu gitu. Nggak mempan. Coba dari dulu lo nerima gue bantuin, Fy. Pasti nggak kayak gini jadinya.” Omel Via. Aku Cuma cengengesan. Aku ingat Via menawariku untuk dicomblangin dengan Rio. Tapi aku menolakknya dengan alasan klise banget, “Kalo Rio jodoh aku, pasti juga sama aku kok, Vi.”
          “Udah ah, Vi. Ini emang takdirnya kali.” Balasku.
          “Lo emang hebat, Fy. Nunggu dua tahun gitu. Itu mah udah cobaan besar kali, ditambah lagi sama dia pake acara jadian gitu sama yang lain. Gimana sih rasanya, Fy?” tanya Via sambil menatapku.
          “Hmm….rasanya seperti ice cream tripel chocolate.” Jawabku bercanda. Padahal rasanya sakit banget, seperti berjalan di atas tumpukan beling yang setiap gerakan menorehkan rasa sakit.
          “Huh…bercanda lagi. Jangan nangis ya, Fy. Lo harus kuat.” Pesan Via dan aku mengagguk tersenyum. Maaf, Vi. Aku nggak bisa, sekarang aja aku pingin banget nangis.
          Kemudian Pak Dave guru Sejarahku datang dan kelasku diam seketika. “Siang anak-anak.”
          “Siang, Pak.”
          “Alyssa. Maju ke depan.” Panggil Pak Dave. Aku tersentak dan kaget. Via pun begitu. Aku pun berjalan menuju meja Pak Dave.
          “Ada apa, Pak?” tanyaku.
          “Tadi ada telpon dari orang tua mu. Kamu di suruh pulang sekarang. Supirmu udah menunggu. Kamu udah dapat izin dari sekolah.” Jawab Pak Dave. Aku bingung, kok tiba-tiba papa dan mama seperti ini. Tanpa banyak tanya lagi, aku segera menuju bangku ku dan mengambil tas serta buku-bukuku. Pamit kepada Via dengan tatapan isyarat. Kemudian salam kepada Pak Dave dan terakhir berjalan cepat menuju gerbang sekolah di mana Pak Pri udah menunggu.

@Rumah
          Tidak membutuhkan waktu lama untuk tiba di rumahku. Karena lokasinya dekat dengan sekolah. Kalo jalan kaki Cuma lima belas menit, sementara dengan mobil butuh waktu dua puluh lima menit karena harus menghadapi macetnya kota Jakarta.
          Setiba di rumah aku langsung disambut dengan kedua orang tua ku dan dua koper besar serta kotak-kotak yang aku yakin berisi peralatan dan keperluan papa dan mama ku.
          “Pa, Ma.” Panggilku.
          “Ify udah sampai ya.” Balas Mama dan duduk di sofa ruang tamu. Papa begitu dan aku segera duduk juga.
          “Papa dan Mama mau kemana ?” tanyaku.
          “Gini, Fy. Papa dipindahkan ke Bandung lagi. jadi, Papa dan Mama mau kembali ke Bandung dan nempatin rumah kita yang lama.” Jawab Papa.
          “Maksudnya kita pindah gitu?” tanya aku kaget. Mama mengagguk. “Tapi, Ma. Ify betah tinggal di sini. Ify udah punya sahabat. Via, Agni dan Shilla. Ify udah nemuin apa yang Ify cari. Ify udah betah sekolah di Global Nusantara. Ify nggak mau pindah. Pokoknya nggak.” Ujarku.
          “Tapi sayang.” Ucap Papa.
          “Ify mau gimana, sayang?” tanya Mama yang memotong ucapan Papa.
          “Ify mau tinggal di sini. Mama dan Papa nggak apa-apa pindah. Ify udah besar kok, Ma. Ify bisa masak, setrika baju, cuci baju, dan semua pekerjaan rumah. Lagian jarak rumah dan sekolah deket kok, Ma. Cuma 15 menit jalan kaki. Hitung-hitung olahraga Pagi. Anggap aja Ify latihan mandiri, Pa, M. gimana ?? Boleh ya??” aku penuh harap.
          Ku lihat Mama dan Papa saling pandang. Aku menunggu dengan sabar. “Ify yakin dengan keputusan Ify ??” tanya papa sekali lagi. aku mengangguk mantap.
          “Ya udah, boleh. Ify mau sopir dan bibi ??” tanya Mama.
          “Nggak perlu. Kan judulnya Ify belajar Mandiri. Kalo ada supir sama bibi bukan mandiri mah namanya.” Jawabku dan aku sedikit manyun. Papa dan Mama tertawa.
          “Ya udah. Ntar Ify dikasih uang perbulan gitu. Kalo Ify ada masalah, Ify harus nelpon ya. Ntar biar om Ferdi yang ngurus semuanya.” Pesan Papa. Ify mengagguk. Om Ferdi adalah kuasa hukum Papa dan beliau tinggal di Jakarta.
          “Inget, kalo Ify nggak betah. Telpon langsung, biar pindah ke Bandung. Jangan nakal, tetap buat Mama dan Papa bangga punya Ify. Ok. Janji ??” ujar Mama.
          “Siap. Bos. Ify janji.” Balasku.
          “Mama dan Papa percaya. Ya udah, kita berangkat ya.” Pamit mama. Aku mengagguk. Aku mengantar Mama dan papa ke mobil dan menarik koper mamaku. Sementara barang yang lainnya udah dimasukkan ke mobil.
          Aku memeluk Mama dan Papa bergantian dan melambai ketika mobil mereka mulai melaju. Semakin jauh, badan mobil udah tidak terlihat dan aku kembali ke rumah. “Welcome Alyssa Saufika Umari dalam hidup mandiri.” Batinku. Aku segera menuju kamarku dan berganti pakaian. Setelah itu aku merebahkan tubuhku ke ranjang dan mau tidur. Namun pandanganku jatuh ke figura foto. Itu figura foto Rio. Lagi-lagi aku teringat kejadian tadi. Aku mau menangis. Namun aku tahan, segera aku bangun dan berjalan menuju dapur membawa makanan favoritku, good time dan memasukan ke tas yang telah aku bawa. Aku segera menuju taman yang tak jauh dari rumahku.

@Taman
          Taman itu nggak berubah sejak terakhir kali aku datangin. Sekarang pengunjungnya sepi. Ya iyalah, baru juga jam sebelas siang gitu, mana panes lagi. aku segera menuju bagian taman yang dekat dengan danau. Duduk di tepinya dan menatap hamparan danau. Mengingat fakta Rio dan Dea jadian, membuat tangis yang ku tahan tumpah.
          “Lo jahat, io. Kenapa kamu jadian sama Dea ?? Kenapa yo ?? Apa karena aku jelek gitu ?? Apa kau nggak ngerasa tentang perasaan gue, io ?? Apa kamu nggak melihat mata aku ?? Sedih, io. Sakit banget. Mencintai kamu dua tahun setengah, dan kamu jadian sama yang lain. Hancur banget, io. Apa aku harus jadi Ify yang cantik dulu baru kamu jatuh cinta ?? aaaaaarrrrrrgggghhhhhhhhh………..pusing… aku pun menyanyikan lagu yang dulu aku ciptakan karena perasaan aku ke Rio.
Setiap waktu memikirkanmu
Ku katakan pada bayangmu
Sampai kapan ku harus menunggumu jatuh cinta...


Rindu ini terus mengganggu
Ku tak sabar untuk bertemu
Berapa lama lagi menantikan kata cinta...

Andaikan dia tau apa yang ku rasa..
Resah tak menentu mendamba cintamu....
Andaikan dia rasa hati yang mencinta..
Ku yakini kau belahan jiwa..
Ku yakini kau belahan jiwa..

          Lagu itu berakhir dan ku dengar suara tepuk tangan. Aku lantas menoleh. Ku lihat dua orang anak laki-laki yang kira-kira berumur 13 tahun. “Lagu kakak bagus.” Puji yang matanya belo.
          “Suara kakak, seperti suara malaikat.” Puji yang satunya lagi. aku tersenyum. “Makasih. Nama adek siapa ??” tanyaku.
          “Aku Deva.” Jawab bocah yang matanya belo.
          “Kalo aku Ozy.” Jawab yang satunya lagi dan badanya lebih pendek dari Deva.
          “Kakak, Kak Ify.” Jawabku.
          “Kakak tadi nangis ya?” tanya Ozy
          “Nggak kok.” Aku menyangkal.
          “Jangan boong deh, Kak. Kelihatan tau.” Timpal Deva dan menunjuk mataku. Aku tersenyum dan menagguk. “Tadi nangisnya, sekarang udah nggak. Kalian kenapa di sini ? Nggak sekolah ??” tanyaku.
          “Jualan kue, Kak. Sekolahnya nanti siang jam 2.” Deva menjawab. Aku melihat keranjang yang di bawa mereka berdua.
          “Oh… kakak beli deh, kue-nya. Berapa ?” tanyaku lagi.
          “Satuny dua ribu, kak.” Jawab Ozy.
          “Kalau semuanya ??”
          “Hah?! Kak mau beli semuanya ??” tanya Deva takjub.
          “Iya Dedep. Berapa?”
          “Semuanya 110 ribu, kak. Kok Dedep?” tanya Deva bingung.
          “Hehehe…Cuma panggilan Kak Ify untuk Deva kok. Ok Kakak beli semuanya.” Ujarku. Aku mengambil uang di tasku. Dan kulihat Ozy yang sibuk ngakak sendiri. Deva manyun habis. Aku merasa nyaman dengan mereka berdua.
          “Ini uangnya.” Ujarku dan menyerahkan uang selembar seratus ribuan dan selembar sepuluh ribu.
          “Makasih, Kak. Emang kue ini untuk apa?” tanya Ozy bingung.
          “Kita makan bareng-bareng dan kita cerita-cerita.” Jawabku dan mengambil sebuah kue. Aku kemudian menyuruh mereka bedua makan juga kue-kue itu. Dan kita bertiga cerita-cerita.
          Ternyata Ozy dan Deva itu hanya tinggal berdua. Mereka berdua bukan saudara kandung, hanya dua orang ayng bertemu karena nasib dan takdir yang sama. Sama-sama orang tuanya udah meninggal dan mereka hidup di rumah kardus. Membatu seseorang berjualan kue setiap pagi dan sekolah di sekolah negeri siangnya. Mereka Cuma tinggal berdua. Lalu suatu ide terbesit di kepala ku.
          “Zy, Dev. Gimana kalian tinggal sama Kak Ify aja?” tanyaku.
          “Tinggal sama kak ify? Beneran kakak mengajak??” tanya Ozy tak percaya.
          “Iya dong. Kakak tinggal sendiri, orang tua kakak di Bandung. Lagian, di rumah ada dua kamar yang kosong. Kan pas untuk kalian berdua. Terus kalian ikut sekolah sama kakak. Di Global Nusantara. Kakak SMA dan kalian di SMP-nya.”
          “Gimana, Dev?” tanya Ozy ke Deva. Ku lihat mereka berbisik-bisik. Lucu banget.
          “Tinggal sama kakak nggak apa-apa deh. tapi, kalo sekolah tetap di sekolah lama aja. Deva sama Ozy nggak ada uang untuk bayar sekolah di sana.” Jawab Deva.
          Aku tersenyum. “Ya ampun.  Sekolahnya ortu kakak yang bayarin. Tenang aja. Asal Deva dan Ozy belajar dengan tekun dan rajin. Bisa banggain ortu kalian yang ada di surga, banggain ortu kak Ify dan banggain Kak Ify. Gimana ?”
          “Iya kak, kita janji.” Ucap Ozy mewakili dirinya dan Deva.
          “Yeehh…akhirnya, kak ify punya adik juga.” seruku. Lalu aku segera menelpon ortuku yang kuyakin masih dalam perjalanan. Aku segera mengutarakan keinginanku dan senangnya kedua orang tuaku setuju dan segera menelpon om Ferdi buat mengurus semuanya. Kyaaaaaaaaaaaaaa…….seneng banget.
          “Udah beres. Yuk, kita ke rumah kalian dan angkat barang-barang. Pindahan.” Seruku.
          “Ayo.” Balas Deva dan Ozy bareng.


BERSAMBUNG......

2 comments:

Ang_Day mengatakan...

Baguussss,,,,
terus berkarya !!!

Unknown mengatakan...

Kereeennnn...!!!
Keep writing ya kak :-) ;-)

Posting Komentar