Cerita Rakyat Bengkulu (Seginim, Bengkulu Selatan)


Posting gue kali ini, gue mau sharing mengenai sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerah asal gue sendiri. BENGKULU, tepatnya di SEGINIM BENGKULU SELATAN. Sebenarnya cerita rakyat ini berhasil gue susun dari penuturan Ayah gue sendiri yang sumbernya dari Nenek gue. Ribet ya?? Maksudnya, cerita rakyat ini dulunya Nenek gue ceritakan dengan Ayah saya dan sekarang Ayah saya yang menceritakannya kepada saya sendiri :D

Well, gue sebagai generasi bangsa awalnya tersindir saat guru gue memberikan tugas menceritakan cerita rakyat dari daerah asal. Tersindir di sini, bukan berarti nggak mau bercerita. Tapi ketika guru gue bilang 'masa sebagai generasi muda daerah asalnya, cerita rakyat saja nggak tahu. Malah cerita Cinderella tahu banget' kira-kira begitu. Hati gue langsung tertohok. Jujur gue nggak tahu cerita rakyat dari daerah gue sendiri. Gue tahunya cerita rakyat Provinsi Bengkulu ya cuma cerita rakyat dari kota Bengkulu. Well, kota Bengkulu memang tempat gue tinggal sekarang, tapi itu bukan daerah asal gue. Gue berasal dari Seginim, Bengkulu Selatan. Daerah terpencil gitu.

Karena gue nggak mau ngaku kalo gue nggak tahu sama sekali tentang cerita rakyat dari daerah gue, gue mau buktiin sama temen-temen gue yang udah menghina daerah gue sendiri walaupun dalam candaan. Masa mereka bilang, daerah gue nggak ada cerita rakyatnya. Kesel gue. So, pulang sekolah, gue search tuh di google. Sumpah, serius gue nggak nemu cerita rakyat dari Seginim. Adanya dari Lebong, Kota Bengkulu. Just it. Gue jadi bingung sendiri. Masa iya nggak ada.

So, malamnya gue tanya sama orang tua gue. Akhirnya gue dapatin itu cerita. Gue pun dengerin ortu gue bercerita sambil nyatet jalan ceritanya. Pake bahasa asli lho :). 

Kalau mau baca, read this!

Pak Pandir

Pada jaman jemo dulu, disebuah dusun hiduplah sorang jemo yang bernamo Pak Pandir. Dio hidup di situ ngan bininyo ajo. Pak Pandir nih jemonyao pemalas lagi pulo galak nipukah bininyau. Di dusun, Pak Pandir tuh jemo icak-icak pintar ibarat luk kebau babati ekor ke badannyau atau ngan katau lain calak iko kebauan. Itulah peribahasa yang cocok untuk ngambarkan jemo luk Pak Pandir.
            Pada suatu hari, kataunyo Pak Pandir berencanau ndak nanam kacang tanah di kebunnyau. Lalu, dio ajung bininyo beli kacang tanah di pekan. Pegilah bininyo ke pekan ntuk beli kacang tuh. Setibo istirnyo di rumah, Pak Pandir ngajung lagi bininyau, kali ko untuk nggoreng kacang tanah tuh dengan gulo abang.
            “Untuk tapau kacang tuh dikoreng undak gulo abang ?” tanyau bini Pak Pandir.
           “Biar alap tumbuhau.” Jawab Pak Pandir. Bininyau koh langsung percayo ajo dengan Pak Pandir. Langsunglah diau goreng kacang tanah tuh undak gulo abang.
            Setelah masak kacang tuh, dibataklah ngan Pak Pandir ke kebunnyau. Sementara biniau tetap di ghumah. Lah bejalan lumayan jauh dari ghumah nyau, Pak Pandir berenti untuk duduk di bawah pohon besak. Dimakan nyolah kacang bataan tadi. Jadi urung ditanamkah kacang tanah tuh. Kemudian, setelah kacang tuh abis dimakannyo, Pak Pandir koh balik ke rumah. Terus ngecek ngan bininyo, kalau kacang tuh lah udem ditanamakahnyo.
            Tiga bulan kemudian, bininyo nayokah ngan Pak Pandir, “Luk tapau kacang kitau empai nih? Kebilau pacak dicabut?”
            Dengan nginak-nginak ke atas, Pak Pandir menjawab, “Kiro-kiro duoau minggu lagi.” Lalu biniau nih ngangguk-ngangguk ngan riangau. Duo laki bini tuh berencanau ke kebun duoau minggu lagi.
            Singkat ceritau, setelah duoau minggu kemudian di pagi harinya, Pak Pandir ngan bininyau pegi ke kebun ngan mbatak kinjar dan kedharau. Setelah beberapoau jam bejalan, sampailah di sebuah kebun yang banyak kacang ngan jagungnyau. Lalu bini Pak Pandir nih ngan semangat cabuti kacang-kacang tuh. Seketika itu, datanglah jemo lain ngataukah Pak Pandir ngan bininyau tuh maling. Pak Pandir tau kalau jemo tuh yang punyo kebun hih. Pak Pandir ngan bininyau lari tunggang langgang sambil ndalak kebun kacang lain. Setibo di kebun kacang lain, Pak Pandir ngan bininyo cabuti kacang lagi. Datanglah lagi jemo pemilik kebun tuh, larilah lagu nyo duoau belaki bini tuh. Pak Pandir ngan bininyau tuh terus cak itu sampai kebun ke empat. Di kebun keempat nih, karnau capek belari manjang merekau beduoau koh istirahat. Bini Pak Pandir koh betanyo, “Ngapau tiap kebun yang kitau datangi tadi, adau jemo njanggal kitau manjang? Bukannyo itu kebun kitau?”
            “Kitau tadi tuh salah kebun. Ini baru kebun kitau nian.” Jawab Pak Pandir. Belum lamau tuh, datanglah lagi jemo yang neriaki nyo beduo tuh maling. Lari lagi laki bini tuh.
            Sampai di tempat yang aman, bini Pak Pandir koh betanyau lagi. “Ngapau kitau belaghi dari kebun kitau ?”
            Dengan menyesal Pak Pandir menjawab, “Kitau koh ndik punyau kebun. Kacang kamahgi yang ndak ditanam tuh ndik jadi aku tanam karnau lah dimasak undak gulo abang. Itulah salah kaba tuh, ngapau pulo kacang tuh digoreng undak gulo abang? Aku cubaukah sebutik, ternyatau lemak nian. Akhirnyo abis ngan aku sendiri.”
            “Kaba tulah yang ngajung aku.” Sela Bini Pak Pandir.
         “Mangkanyau, tapau kecek aku tuh pikirkan kudai jangan langsung kaba kerjaukan. Ndik tumbuh kacang yang udem dimasak tuh. Bigal nian kaba.” Ujar Pak Pandir. Bininyau diam sajo dengar kecekan Pak Pandir.
            Itulah ceritau Pak Pandir, diaunyo pandir. Ndik merasau bersalah ngan nyalahkan biniyau sajau. Sementara itu, bininyau sendiri bigal ngan buyan.


Gimana ceritanya?? Ngerti nggak bahasanya?? Bahasa daerah gue sih nggak susah-susah amat, gampang kok. Daripada ada yang bingung, ntar gue post deh terjemahannya. Cieeeee.........., terjemahan nian. Hehhehe.....

5 comments:

Unknown mengatakan...

waow hehe.. BTW ini ada satu yang dari Manna xD

Unknown mengatakan...

jemo sukarami kb ni kan soalnyo pakai bahasa mirip bahasa seluma bada aku tinggal kni hehehehe

Unknown mengatakan...

ay ndiak seru critoyo,,tapo lah banyak igo pakai bahasa bengkulu,,nampak'o bukan jemo sukarami seginim yo posting ne,banyak nian baso au..aku keruan tu karno aku ne jemo sukarami.

Unknown mengatakan...

Ini ceritau taupau seginim? Apau critau yaw judulau pak pandir? Ndik paham aku, adau yang paham jelaska dikit ngn aku mintak tulung nian

Unknown mengatakan...

Alap nian cerito ini

Posting Komentar